Xpedisi Sehat Bersama Quran Sampai di Tujuan Terakhir Surabaya

28/10/2020

SURABAYA - Xpedisi Sehat Bersama Quran berjalan dari Jakarta, Jogja, hingga Surabaya. Program ini adalah penyaluran paket pembelajaran dan kesehatan ke 9 panti asuhan di Jakarta, Jogjakarta, dan Surabaya. Paket yang diberikan berisi hand sanitizer, alat makan pribadi, masker, buku panduan pandemi, botol minum isi ulang, tas serut, Alquran, dan alat tulis.

Di Surabaya, Lazismu dan Kawan Baik melaksanakan kegiatan ini pada Kamis (22/10), mereka membagikan paket kepada 340 anak yang tersebar di 5 panti asuhan. Antara lain PA Muhammadiyah Nyai Walidah, PA Muhammadiyah Karang Pilang, PA Muhammadiyah Medokan Ayu, PA Muhammadiyah At-Taqwa, dan PA Muhammadiyah Tandes. Sementara itu di Jogjakarta dan Jakarta masing-masing ada 125 anak yang tersebar di 2 panti asuhan di setiap kota. 

Dilansir dari lazismujatim.org, kegiatan diawali dengan kunjungan ke Panti Bayi Muhammadiyah Medokan Ayu, kecamatan Rungkut, Surabaya. Di Panti ini acara dimulai dengan penyemprotan terhadap seluruh ruangan gedung panti Asuhan yang ditinggali oleh anak-anak yatim-piatu serta para bayi yang tidak mempunyai orang tua. Dilanjutkan dengan pemasangan bantuan wastafel untuk cuci tangan sesuai dengan panduan penanggulangan Covid-19.

Hadir dalam acara seremoni Expedisi Sehat Bersama Qur’an di Surabaya, Rifa dan Tim Kawan Baik, drh Zainul Muslimin Ketua Lazismu Jawa Timur, Ferry Yudhi Antonis Ketua Majelis Pelayanan Sosial (MPS) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) kota Surabaya, Faisol Haq Ketua PCM Rungkut, Kepala dan Pengurus Panti Asuhan Bayi Muhammadiyah Medokan Ayu serta para anak asuh Panti yang berusia Sekolah Dasar.

Ketua Lazismu wilayah Jawa Timur drh Zainul Muslimin yang hadir pada acara penyerahan bingkisan menyatakan bahwa Lazismu senantiasa menggandeng semua pihak yang mempunyai niat dan keinginan baik guna menebar kebaikan dan kebermanfaatan. Terutama di setiap Panti Asuhan yang dikunjungi Lazismu senantiasa membangkitkan mimpi-mimpi anak-anak yatim agar mempunyai tujuan hidup dan cita-cita yang tinggi dan mulia.

Selain paket pembelajaran dan kesehatan yang diberikan kepada anak asuh, program ini juga memberikan penyuluhan kesehatan dan sanitasi kepada panti asuhan berupa pemberian thermogun, santunan panti, penyuluhan kesehatan, penyemprotan disinfektan, dan pembuatan wastafel tempat cuci tangan.

Dody Jufiprianto, Direktur Kawan Baik, mengatakan bahwa program ini fokus memberikan bantuan kepada anak asuh mengenaik kesehatan dan pendidikan Alquran, karena di masa pandemi mereka hidup bersama dalam kelompok besar, agar tidak menjadi klaster penyebaran virus covid-19 yang baru. 

“Kita wajib membantu mereka melakukan pencegahan penyebaran. Kita membantu panti asuhan agar menjadi benteng kokoh hidup sehat. Sementara dari sisi pendidikan kita bantu memberikan Alquran Tulis sebagai cara baru dan unik mencintai Alquran,” ujarnya melalui pesan tertulis. (Yusuf)