Tak Kunjung Surut, MDMC Banyumas Dirikan 3 Posyan Banjir Banyumas

02/11/2020

BANYUMAS - Hujan yang terjadi pada Rabu (28/10) malam menyebabkan banjir dan longsor di beberapa desa di Kabupaten Banyumas. Sampai saat ini, banjir di Kecamatan Kemranjen, khususnya Desa Sirau dan Sidamulya belum surut. 

Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) bersama dengan Lazismu Kabupaten Banyumas mendirikan Posko Koordinasi di PKU Muhammadiyah Kemranjen. Tempat ini menjadi tempat pengumpulan dan pendistribusian kepada seluruh korban yang membutuhkan.

Menurut keterangan Tansah Pinayung, tim Lazismu Kabupaten Banyumas, MDMC mendirikan 3 posko pelayanan, yaitu dapur umum di Masjid At-Taqwa Desa Sirau, posko pengungsian di MI Muhammadiyah Sidamulya, dan dapur umum lagi di MTs Muhammadiyah Sirau.

Posko-posko ini diisi oleh relawan dari Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) Banyumas, Pemuda Muhammadiyah Banyumas, dan MDMC.

Dilansir dari lazismubanyumas.org, Poskoor dibentuk dan menangani proses evakuasi dari tanggal 27 Februari lalu. Jumlah korban yang ditangani poskoor sejauh ini tercatat sudah sekitar 500 warga.

Rombongan Lazismu dan PDM Banyumas juga mendatangi dan memberikan langsung bantuan di salah satu posyan korban banjir, yaitu di Posko Pelayanan Desa Sidamulya yang bertempat di MI (Madrasah Ibtidaiyah) Sidamulya. Achmad Saoqi selaku koordinator Posyan Sidamulya mengungkapkan bahwa posyan ini dibentuk baru dari tanggal 29 Oktober kemarin sebagai tempat evakuasi warga.

“Dari pagi kita evakuasi kendaraan dan lain-lain ke tempat yang tinggi, dan kemudian malam dengan BPBD dan tim SAR lainnya kita evakuasi warga karena memang tidak hujan tetapi debit air tetap tinggi,“ ungkap Achmad. 

Posyan Sidamulya menampung lebih dari 100 warga. “Disini ada dapur darurat, tempat pengungsian kita pisahkan laki – laki dan perempuan, kita juga berikan fasilitas khusus keadaan warga yang memang sedang sakit keras,“ lanjutnya.

Ibnu Hasan, Ketua PDM Banyumas mengajak seluruh warga Banyumas untuk bersinergi untuk saling membantu menangai bencana ini. 

“Kami mohon kepada warga Banyumas dan sekitarnya untuk bersatu padu. Mari kita tolong-menolong meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir khususnya di wilayah Kemranjen,“ ungkapnya ketika berada di Desa Sidamulya Kemranjen. (Yusuf)