Lazismu Jawa Tengah dan 'Aisyiyah Jawa Tengah Kerjasama Tingkatkan Layanan Zakat

07/11/2020

MoU Lazismu Jawa Tengah dengan 'Aisyiyah Jawa Tengah

Press Release

Penandatanganan kerjasama (MoU) antara Lembaga Amil Zakat Muhammadiyah (Lazismu) Jawa Tengah dengan Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Jawa Tengah berlangsung hari ini Sabtu (7/11) di Aula Lantai II Gedung Dakwah Muhammadiyah Jawa Tengah.

MoU antara LazisMu Jawa Tengah dengan PW ‘Aisyiyah adalah kolaborasi antar dua lembaga dalam rangka optimalisasi zakat infaq dan sedekah melalui pembentukan Kantor Layanan se-Jawa Tengah dilingkungan Aisyiyah serta program Qaryah Thayyibah, ditandatangani langsung oleh H. Dodok Sartono, SE. MM Ketua Lazismu Jawa Tengah dan DR Hj. Ummul Bararah, M.Ag, Ketua Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Jawa Tengah.

Diselenggarakan melalui daring via Zoom, diikuti oleh Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah dan Lazismu Kabupaten dan Kota se-Jawa Tengah. Hadir pada kesempatan yang sama anggota pleno 'Aisyiyah Jawa Tengah, Drs. H Musman Thalib, M.Ag mewakili Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa tengah dan Direktur Eksekutif Lazismu Jawa Tengah Ikhwan Shofa didampingi Wahidin Hasan manager fundraising dan Agus Alwi manager teritori.

Dodok Sartono dalam sambutannya mengatakan bahwa kerjasama ini adalah upaya untuk memaksimalisasikan penghimpunan ZIS di Jawa Tengah dan penguatan kelembagaan di Lazismu. “MoU antara lazismu dan 'Aisyiyah tidak lain untuk memaksimalkan penghimpunan ZIS, kami melihat kekuatan emak-emak (ibu-ibu) 'Aisyiyah itu luar biasa. Kami optimis dengan pembentukan Kantor Layanan (KL) dilingkungan ‘Aisyiyah akan mempercepat penguatan Lazismu di seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah”, ungkap Dodok ketua badan pengurus Lazismu Jawa Tengah.

Ummul Bararah juga menambahkan bahwa program Qaryah Thayyibah sudah lama berjalan di organisasi ‘Aisyiyah hanya saja diperlukan penguatan kembali dan kerjasama ke semua pihak agar tingkat keberhasilannya bisa terwujud dengan maksimal dan semakin ringan karena menggandeng dengan semua lembaga, termasuk Lasizmu Jawa Tengah.

“Program Qaryah Thayyibah sudah berjalan di ‘Aisyiyah, maka dengan kerjsama dengan Lazismu ini diharapkan semakin memperingan langkah ‘Aisyiyah dalam penggalangan dana dan pengembangan program lainnya”, tambah Ummul yang juga dosen UIN Walisingo Semarang.

Drs. H. Musman Thalib mewakili Muhammadiyah Jawa Tengah juga menyampaikan gembira atas kerjasama dua lembaga ini, dan memberikan apresiasi yang luar biasa terhadap Lazismu Jawa Tengah tidak saja mengemban misi dakwah di lingkup Jawa Tengah saja, namun misi kemanusiaannya hingga menjangkau Lombok hingga Palu sewaktu terjadi gempa dan Tsunami. (Wahidin)