Genjot Standarisasi, Lazismu Jawa Tengah Turba ke 13 Daerah

06/11/2020

SEMARANG - Sejak hari Selasa (3/11), Lazismu Jawa Tengah mengunjungi Kantor Lazismu di berbagai daerah di Jawa Tengah. Menurut keterangan Ikhwannussofa, Direktur Eksekutif Lazismu Jawa Tengah, ia akan menyelesaikan kunjungan ke 13 daerah sampai pekan depan.

13 daerah yang dimaksud adalah Kantor Lazismu Daerah yang memiliki status kuning. Lazismu Jawa Tengah membuat standarisasi daerah yang diukur dari 4 aspek, yaitu SDM, sistem, penghimpunan & pentasyarrufan, dan infrastruktur. Dari 4 kategori ini, setiap Kantor Daerah diklasifikasikan menjadi 4 zona, yaitu hijau untuk paling baik, di bawahnya zona kuning, ke bawah lagi zona merah, dan paling rendah zona hitam.

“Pada tahun 2019 ada 13 daerah yang berada di zona kuning. Maka daerah-daerah ini ingin kami kunjungi dengan harapan semua bisa berubah menjadi zona hijau di akhir tahun,” terangnya ketika dihubungi lazismu.org.

Menurut Ikhwan, Lazismu Jateng memprioritaskan zona kuning karena melihat potensi perubahan dari kuning ke hijau cukup besar. Lebih besar daripada potensi perubahan zona hitam ke merah maupun merah ke kuning. 

“Tidak berarti zona hitam dan merah ditinggalkan. Tetapi nanti akan ada pola komunikasi yang berbeda. Harapannya ya semua bisa hijau, namun ada yang prioritas terlebih dahulu. Kita melihat potensi dan kemampuan di internal juga,” imbuhnya.

Ia menyebut bahwa pada kegiatan turba ini, Lazismu Jateng melakukan brainstorming bersama dengan daerah yang dikunjungi. Selain itu ia juga ingin mendengar harapan-harapan dari daerah untuk wilayah agar komunikasi menjadi lancar.

Ia awalnya ingin mengunjungi semua daerah, namun karena kondisi pandemi dibatasi menjadi daerah-daerah prioritas. “Kita akan membudayakan turba karena sangat efektif. Kita menyadari betul efektifitas turba,” tutupnya. 

Muslih Nur Wahid, Eksekutif Program & Media Lazismu Sukoharjo, yang mendapatkan kunjungan dari Lazismu Jawa Tengah menyebut bahwa salah satu diskusi yang dilakukan adalah tentang kendala-kendala yang dihadapi oleh Lazismu Sukoharjo. Sehingga, dalam kunjungan tersebut mereka bersama-sama mencari jalan keluar.

"Setelah mendapatkan kunjungan, Lazismu Sukoharjo merasa lebih segar dalam mengelola lembaga. Semoga Lazismu Jawa Tengah menjadi semakin baik," ujarnya melalui pesan tertulis. (Yusuf)