Covid-19 Mengganas, Lazismu Serahkan Bantuan Kornet, Rendang dan Rawon Kemasan untuk Pedagang Kecil

03/04/2020

Jember – LAZISMU. Suji (65) dan Fatkhur (57) adalah pedagang kaki lima yang biasa mangkal di depan kantor Lazismu Jember. Tidak seperti hari-hari biasanya, saat virus corona mengganas, keduanya tidak berani untuk berjualan kembali. Imbauan yang diterima dari pemerintah mereka praktikkan demi keselamatan jiwanya.

Sebagian besar masyarakat untuk tinggal di rumah menjaga jarak fisik menjadi penyebab keduanya tidak berjualan sementara. Penghasilannya sebagai pedagang turun drastis. Suji mengaku, bukan hanya berkurang separuhnya mas, tapi saya berharap bisa kembali modal saja sudah alhamdulillah. Inilah informasi yang diterima amil Lazismu saat melihat Suji duduk menunggu pelanggan yang biasa membeli minuman air kelapa muda (24/3/2020).

Seirama dengan Suji, Fatkhur juga menyampaikan suasananya makin sepi. Menurutnya diawal-awal liburan anak sekolah kemaren saya sempat harus merugi, karena tidak mengetahui jika banyak yang akan diliburkan. “Infonya banyak karyawan dan PNS yang libur mas, jadinya hanya berharap dari ojol yang biasa menerima pesanan, itupun juga sudah sangat jarang,” beber Fatkhur.

Mau bagaimana lagi mas, saya tetap harus keluar rumah, saya sendiri sebenarnya juga takut tertular virus, tapi saat ini saya lebih takut keluarga tidak bisa makan, terangnya dengan wajah berkaca-kaca.

Abdul Khamil selaku Kepala Kantor Lazismu Jember, mengatakan, mungkin bukan hanya mereka berdua yang mengalami hal demikian, ada banyak bahkan ribuan pedagang kaki lima di tempat lain merasakan hal yang sama. Karena itu Lazismu Jember turut serta meringankan beban dari para pekerja di sektor informal ini untuk tetap bisa bertahan hidup.

“Kondisi yang merisaukan ini langsung berdampak dampak luas. Banyak di antara kita yang tidak bisa mencari nafkah untuk kebutuhan keluarganya,” pungkasnya. Namun harus tetap optimis, semoga badai corona cepat berlalu dan segera kehidupan bisa berjalan dengan lebih baik, lanjutnya.

Kita semua hanya bisa melakukan upaya mengikuti anjuran dari pemerintah agar lebih banyak berdiam diri dirumah, menghindari perkumpulan, serta turut serta mendoakan mereka yang berada di garda terdepan perang melawan pandemik virus corona ini.

Lazismu Jember hadir memberikan semangat dan motivasi kepada mereka yang membutuhkan untuk selalu bersabar dalam mencari nafkah. Selain itu, Lazismu Jember memberikan beras dan paket bingkisan berupa produk makanan kaleng bergizi (Kornet, Rendang, dan juga soto-rawon). (lj)