Warga Binaan Rutan Salemba Santap Daging Kurban Dari TelkomGroup Yang Dititipkan Melaui Lazismu

01/08/2020

Jakarta – LAZISMU, Kebahagiaan di hara raya Idul Adha 1441 H terpancar dari warga binaan rumah tahanan (Rutan) Kelas 1 Salemba, Jakarta. Pasalnya, satu ekor sapi kurban dari TelkomGroup yang ditipkan melalui Lazismu telah disembelih di hari yang penuh berkah. 

Di saat yang lain merayakan hari raya kurban ini bersama keluarga, para warga binaan turut merasakan hal yang sama meski berada di dalam lapas. Kasub Seksi Bantuan Hukum dan Penyuluhan Tahanan (BHPT) Rutan Kelas 1 Salemba, Surya Widjaya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada TelkomGroup dan Lazismu. 

“Amanah ini pada hari yang membahagiakan telah kami laksanakan dalam bentuk kegiatan penyembelihan yang dagingnya siap disalurkan kepada penerima manfaat di rutan ini,” katanya. 

Di sini ada 3200 warga binaaan, dan sebanyak 2600 warga binaan beragama muslim. Daging segar kurban yang disembelih selanjutnya akan diolah dalam dapur lapas yang kemudian dalam bentuk sudah matang akan kami salurkan kepada warga binaan, sambungnya. 





 

Lima Ribu Kaleng Makanan Siap Saji

Kami mewakili Rutan Kelas 1 Salemba, juga turut bahagia mereka mendapat kesempatan yang sama untuk berbahagia di waktu yang tepat. Surya menambahkan, kemarin lima ribu kaleng kemasan berisi nasi rawon dan soto lamongan tiba di rutan kelas 1 Salemba. 

Kaleng berisi makanan siap saji ini, lanjut Surya akan kami olah didalam dapur umum lapas yang kemudian siap disajikan kepada warga binaan. Tujuannya agar semua dapat merasakan nikmatnya makanan tersebut tanpa perlu bersusah payah membuka kalengnya.  

Ketua Badan Pengurus Lazismu Hilman Latief mengatakan, sinergi antara TelkomGroup, Rutan Kelas 1 Salemba dan Lazismu merupakan bagian dari bentuk kepedulian kepada mereka yang membutuhkan, terutama warga binaan di lapas. 

“Distribusinya juga dengan mempertimbangkan para penerima manfaat yang memang betul-betul pantas untuk menerima, khususnya kepada mereka yang berada di lembaga pemasyarakatan,” paparnya. 

Warga binaan yang ada di Rutan Salemba perlu mendapat perhatian, alhamdulillah TelkomGroup menitipkan satu ekor sapi kepada Lazismu dan disalurkan di rutan ini. Rutan Salemba sendiri, diketahui ada sekitar 3200 warga binaan, dan Lazismu juga mengirimkan lima ribu makanan kaleng kemasan siap saji berupa soto lamongan dan nasi rawon. 

Syukur alhamdulillah ini jadi syiar buat kita semua, dan manfaatnya bisa dirasakan langsung untuk kawan-kawan di rutan. Hilman menilai ini juga bagian dari kerjasama semua pihak sehingga bisa bersilaturahim bersama dan semoga di lain waktu bisa dilakukan di tempat lainnya. (na)