Tanah Wakaf Itu untuk Rumah Tahfidz

24/06/2020

Semarang – LAZISMU. Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Ngaliyan Kota Semarang, pada awal 2019 lalu, mendapatkan amanah sebidang tanah dari seorang muwakif. Wakah berupa tanah kavling yang siap dibangun dengan luas 800 m2, di kampung Wonorejo, Wates, Ngaliyan. Atas amanah itu, konsekwensinya, PCM menyiapkan surat-surat legal formal tanah wakaf tersebut. Alhamdulillah proses berjalan lancar, sertifikat tanah wakaf sudah di tangan saat ini, kata Anas Hamzah Ketua PCM Ngaliyan, dalam rapat persiapan kurban di Gedung Dakwah PCM Ngaliyan, Sabtu (20/06/20). 

Direncanakan, PCM akan mendirikan sebuah sarana dakwah berupa Rumah Tahfidz, tempat pendidikan dan pengajaran Al-Qur’an untuk anak-anak dan generasi muda. PCM Ngaliyan memandang perlu mengembangkan keilmuan kader-kader muda, agar menguasai ilmu Al-Qur’an. Untuk itu peran penting sarana dan prasarana perlu didukung agar kebutuhan dakwah persyarikatan Muhammadiyah di masyarakat dapat teraktivasi.

 

Bangunan permanen dua lantai di lahan sekitar 400 m2 direncanakan akan berdiri. Dengan beberapa sarana penunjang pendidikan yang mendukung, diharapkan tempat ini menjadi alternatif pendidikan yang menyenangkan. “Dalam persiapannya, bangunan ini mampu menampung hingga 50 anak, tentu rencana ini membutuhkan dana yang tidak sedikit,” jelasnya.


Secara kebetulan lokasi tanah wakaf tersebut cukup strategis berada dekat jalur jalan raya. Terhubung dengan jalan pintas  penghubung jalur pantura dengan jalur selatan menuju Surakarta dan sekitarnya. Tidak jauh dari lokasi, beberapa lembaga pendidikan juga sudah berdiri.

 

PCM bekerjasama dengan Lazismu sebagai pintu masuk yang legal untuk aktifitas keuangan dalam proses tersebut. Senada dengan itu, Aziz Sholeh selaku Ketua Lazismu Kota Semarang, membuka kesempatan amal bagi para donatur untuk menyukseskan pendiriannya..

 

Apalagi momen kurban tahun ini semakin dekat, Aziz menambahkan, dapat dijadikan sebagai titik awal proses pembangunan rumah tahfidz. Jika tidak ada aral melintang, kegiatan penyembelihan akan dilakukan di sekitar lokasi tanah wakaf tersebut.

 

 “Dalam pelaksananannya nanti diikuti dengan kegiatan bersih-bersih tempat ibadah milik warga di kampung, juga dilangsungkan pengajian dan bakti sosial berupa pelayanan kesehatan untuk warga, serta berbagi peralatan sekolah untuk anak sekolah di lingkungan itu,” terangnya.

 

Lazismu mengucapkan terima kasih kepada muwakif dan PCM Ngaliyan yang telah bersinergi, semoga cita-cita ini bisa memotivasi dakwah pendidikan bagi anak-anak yang ingin berkesempatan mencari ilmu di di sini. (cs)