Tak Redup Di Tengah Covid-19, Aksi Filantropi Cilik Hadir di MIM 01 Watukebo

16/07/2020

Jember – LAZISMU. Di tengah pandemi Covid-19, semangat berbagi dilakukan murid-murid Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) 01 Watukebo, aksi itu sejak dulu tak redup dan terus peduli terhadap sesama. Sekolah itu membiasakan tradisi berderma yang dimulai sejak dini seperti terungkap dalam laman resmi Lazismu Jember (16/7/2020).

Kepala Sekolah MIM 01 Watukebo, Agus Hariyanto, mengatakan, sebagai bagian dari pendidikan karekater, secara teknis murid-murid di sini menerima kaleng (kencleng) yang bekerjasama dengan Lazismu Jember. “Kaleng itu dibawa pulang ke rumah masing-masing, dan di saat-saat tertentu wali murid yang diundang ke sekolah untuk mendapatkan tugas secara daring, membawa hasil donasi siswa untuk berbagai program sosial kemanusiaan,” katanya.

Selain itu, lanjut Agus, guru bisa mengedukasi secara langsung siswa untuk berbagi dengan sesama, menyisihkan sedikit kelebihan uang saku yang dimilikinya dan tetap melakukannya ketika berada di rumah sambil menjaga protokol kesehatan.

Mewakili sekolah, Agus mengucapkan terima kasih atas inisiatif Lazismu Jember melalui program filantropi cilik ini, ternyata antusias wali murid dan murid-murid luar biasa. “Sekolah juga turut terbantukan dari berbagai program yang ada, bebernya.

Koordinator Tim Fundraising Lazismu Jember, Dedi Miftahul Hamzah, mengatakan, filantropi cilik memiliki sasaran pentasyarufan yang secara khusus juga diharapkan bisa kembali kepada sekolah. “Sistemnya dari sekolah untuk sekolah, namun tetap memerhatikan kebutuhan yang paling mendesak untuk sekolah,” ujarnya.

Sekolah yang dimaksud di sini bukan hanya sekolah asal yang menyerahkan donasi, namun juga akan kita perbantukan ke sekolah lainnya dalam koordinasi Dikdasmen Muhammadiyah Jember maupun Pimpinan Daerah Aisyiah (PDA) Jember. Karena saat ini, kata Dedi, filantropi cilik ini suatu program sinergi yang dilakukan dengan Dikdasmen dan PDA Jember selaku pembina dari amal usaha Muhammadiyah.

Beberapa aktivitas yang bisa dilaksanakan dalam program tersebut, nantinya berupa kegiatan Peduli Guru, Beasiswa, Bantuan Sarana Prasarana, Bantuan Pembangunan, Bakti Sosial, dan kegiatan sosial keagamaan lainnya yang dilaksanakan di masing-masing sekolah yang telah tergabung dengan program ini. 

Lazismu juga mengajak sekolah lainnya yang ada di sekitar Jember, untuk bisa bergabung dalam program filantropi cilik. Jika belum bisa menghubungi segera Hotline Lazismu Jember di nomor kontak : 08113669188. (na)