Lazismu - Tribun Pekanbaru Tandatangani Nota Kesepahaman Program Qurban Untuk Ketahanan Pangan

07/07/2020

Pekanbaru – LAZISMU. Upaya pencegahan dan penanganan wabah Covid-19 yang dilakukan Muhammadiyah Command Center Covid-19 (MCCC) dan Lazismu tak berhenti pada aspek kesehatan, dari sisi dampaknya terutama di wilayah Pekanbaru, yang juga merontokkan sendi-sendi ekonomi keluarga tak luput dari perhatian. 

Menyikapi hal itu, Hari Siyanto selaku Ketua Badan Pengurus LAZISMU Kota Pekanbaru menyampaikan, melalui program ketahanan pangan, Lazismu akan berkolaborasi dengan Tribun Pekanbaru. Kolaborasi itu dibuktikan dengan penandatangan program kerjasama di Kantor Tribun Pekanbaru, Senin (6/7/2020). Diharapkan dengan sinergi itu dapat meluaskan syiar kurban dengan melibatkan para stakeholders.

“Tribun sebagai bagian dari media nasional adalah mitra strategis. Dalam hal ini kampanye secara bersama-sama tentang program Qurban Untuk Ketahanan Pangan. Melalui sinergi program, masyarakat akan mengetahui dan teredukasi untuk sekaligus diajak menunaikan kurban melalui Lazismu,” ujarnya.

Haris menekankan, di lain waktu, akan dibangun program ketahanan pangan mandiri sebagai alternative mencari solusi imbas dari Covid-19. Dengan begitu, bisa melibatkan lebih banyak para pemangku kepentingan yang lain.

"Ini bagian dari program untuk menunjang ketahanan pangan mandiri, siapa yang menerima manfaat, mereka adalah semua yang terdampak. Tapi dalam jangka panjang, kita akan bangun model ketahanan pangan mandiri, tidak hanya membagi daging tapi juga ada program edukasi,” ungkapnya.

Ada dua hal yang ditekankan, pertama, sisi edukasi, dan kedua sisi penyalurannya. Dalam mengedukasi, informasi mengenai bagaimana menyembelih hewan kurban yang benar adalah nilai pentingnya, mengingat secara umum panitia kurban berada di sekitar masyarakat yang tersebar di masjid dan komplek perkantoran, di situ fokusnya," kata Haris.

Sedangkan sisi penyalurannya, bisa dalam bentuk daging dan rendang yang dikalengkan. “Kita juga ikut program untuk membantu ketahanan pangan saudara-saudara kita di luar negeri seperti di Palestina, Myanmar dan Yaman,” paparnya.

Perwakilan dari Tribun Pekanbaru, Helmi Anwar, mengatakan, kerjasama ini dilakukan dalam upaya membagikan hewan kurban untuk kaum duafa di Pekanbaru. “Program ini rutin dilakukan Tribun dan akan disalurkan kepada para Pengasong Koran (Mitra Tribun Pekanbaru), warga sekitar Kantor Tribun Pekanbaru dan warga lainnya,” pungkasnya.

Melalui sinergi ini, lanjut Helmi, Tribun Pekanbaru akan terus berkomitmen untuk menjalankan program penyaluran hewan kurban yang disalurkan langsung kepada masyarakat yang berhak menerimanya. (st)