Lazismu Solok Bantu Warga Korban Kebakaran di Muaro Paneh

11/06/2020

Solok – LAZISMU. Nasib naas tak dapat ditolak, musibah harus diterimanya hari itu juga. Andi (30) warga Rawa Pinang, Jorong Balai, Pinang Nagari, Muaro Paneh kecamatan Bukit Sundi tak kuasa menyaksikan rumahnya dilalap api pada Senin pagi (08/6/2020). 

Api itu bermula dari bekas bakar obat nyamuk yang sebelumnya melekat dikasur, kata Andi menduga. Ia menganggap ketika sudah dipadamkan betul-betul mati. Ternyata sisa bakaran obat nyamuk itu kemungkinan masih tersisa. Saat itu, seperti biasa, Andi bersama istri dan anak-anak pergi bekerja, dan tahunya pas pulang, rumahnya sudah habis dilalap si jago merah.

Menurut keterangan Andi, tidak sempat ada upaya pemadaman, baik dari warga, maupun dari petugas pemadam kebakaran. Karena memang letak rumah yang dihuninya, letaknya jauh dari jalan utama, maupun dari pemukiman warga lainnya.

Akibat musibah kebakaran yang menimpa dirinya, Andi mengaku mendapat respons dari Lazismu kabupaten Solok. Dan, untuk sementara waktu dirinya dan keluarga akan menumpang tinggal di rumah orang tuanya yang lokasinya tak terlalu jauha.Seluruh isi rumah dan perabotan lainnya habis terbakar menjadi abu.

Ketua Lazismu kabupaten Solok, Atri Tarmizi, mengatakan, Lazismu tergerak utnuk membantu Andi. Bantuan itu murni dari gerakan kemanusiaan untuk meringankan bebannya. ”Bantuan yang kami berikan murni gerakan kemanusiaan untuk meringankan beban saudara-saudara kita yang lagi membutuhkan,” jelasnya. 

Selanjutnya Atri Tarmizi yang juga akrab dipanggil Toni ini menyampaikan, bahwa bantuan yang disalurkan melalui Lazismu merupakan hasil sumbangan atau pengumpulan dana dari warga muhammadiyah yang dianggap mampu serta bermukim di kabupaten Solok. Bantuan yang diberikan kepada Andi (10/6/2020), berupa uang tunai, masker dan dua paket berisi perlengkapan salat dan pakaian jadi. (sumber: kongkrit.com)