Lazismu Dukung Program Pencanangan Berqurban Nasional yang Digagas DMI

29/07/2020


Purbalingga – LAZISMU. Di kota “Perwira” Purbalingga ini Pencanangan Gerakan Tauladan Berqurban Nasional dipilih sebagai tuan rumahnya. Kegiatan ini berlangsung pukul 10.00 WIB, bertempat di Desa Kedarpan, Kecamatan Kejobong, Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah.

Gerakan Tauladan Berqurban Nasional tersebut, dicanangkan oleh Menteri Agama RI Fachrul Razi dan Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) yang juga mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. “Selain Purbalingga, Provinsi Jawa Timur dan Sulawesi Selatan adalah dua lokasi yang direkomendasikan dalam kegiatan berskala nasional ini.

Gerakan tersebut mendapatkan dukungan dari Bukalapak Bapak Rachmat Kaimudin dan Direktur Bank Syariah Mandiri Bapak Anton Sukarna. Tak hanya itu, gerakan ini juga melibatkan lembaga amil zakat nasional, termasuk lembaga amil zakat nasional Lazismu.  Melalui live zoom, disampaikan oleh Ketua Badan Pengurus Lazismu, Hilman Latief tentang perolehan hewan kurban secara nasional yang akan didistribusikan ke seluruh penjuru nusantara yang tahun ini dalam bentuk kurban dalam kaleng kemasan seeperti Rendangmu, Kornet dan Gulai.

Hadir mewakili Lazismu Pusat dalam kegiatan itu, Lazismu Purbalingga yang diwakili oleh Direktur Lazismu Purbalingga Andi Pranowo yang kali ini mendampingi Ibu Bupati Purbalingga menyaksikan laporan tentang perolehan hewan kurban salah satunya dari Lazismu Pusat. Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi berharap kegiatan ini menjadi awal pencerahan untuk Idul Adha tahun ini yang dilaksanakan sesuai protokol kesehatan.

Sementara itu, Menteri Agama Fachrul Razi bersama Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla mengapresiasi pencanangan Gerakan Teladan Berkurban Nasional 2020 dalam rangka menyambut Idul Adha 1441 H. Menteri Agama Fachrul Razi, dalam sambutannya  menyambut baik, dan mengapresiasi kegiatan ini yang digagas DPP DMI dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Ahda.

Beliau mengungkapkan bangsa Indonesia adalah bangsa agamis. Ibadah kurban sudah membumi sejak Islam hadir di nusantara ini. “Ibadah kurban merupakan buah refleksi ketakwaan dan kesolehan sosial seorang muslim, katanya seperti dikutip dari laman resmi Kemenag (29/7/2020). (ap/na)