Lazismu Barito Utara Luncurkan 'WarungMu' Bantu Warga Di Tengah Pandemi COVID-19

23/06/2020

Muara Teweh – LAZISMU. Lazismu Kabupaten Barito Utara meluncurkan program ketahanan pangan melalui 'WarungMu' untuk membantu masyarakat yang terdampak COVID-19. "Program WarungMu ini selain membagikan paket sembako kepada masyarakat yang membutuhkan, juga menjual paket sembako dengan harga pas di kantong dan hasil yang didapat akan disalurkan kembali kepada masyarakat," kata Ketua Lazismu Barito Utara Saipullah di Muara Teweh, Sabtu.

Menurut dia, program yang diinisiasi dirinya itu berharap kegiatan ini dapat membantu masyarakat yang membutuhkan dengan manawarkan paket sembako masing-masing berisi beras 5 kilogram, gula pasir 1 kg dan minyak goreng 1 liter.

Paket sembako yang dijual kepada masyarakat antara lain paket pertama berupa beras putri koky, gula pasir dan minyak goreng senilai Rp 100 ribu, paket kedua beras lelap lele, gula pasir dan minyak goreng seharga Rp 97 ribu, paket ketiga  beras lele, gula pasir dan minyak goreng Rp 92 ribu dan paket keempat beras pandan, gula pasir dan minyak goreng Rp 91 ribu.

"Kita juga melayani pembelian per jenis barang, namun untuk paket sembako lebih murah," katanya didampingi Bendahara Lazismu Farid Ansyori.

Selain kegiatan tersebut, Lazismu Barito Utara juga bersama dengan Komunitas Jumat Sedeqah Muara Teweh melakukan kegiatan dengan tajuk "Boleh taruh sedekah pian, boleh ambil sedekah pian" di beberapa titik kota Muara Teweh.

"Kami berharap dengan kegiatan ini dapat semakin meringankan beban masyarakat yang tidak mampu selama masa pandemi COVID-19 ini," kata dia. Salah seorang warga penerima manfaat paket ketahanan pangan, Wisnu mengatakan paket bahan pokok ketahanan pangan ini sangat terjangkau dan pas di kantong.

"Alhamdulillah, paketnya sangat terjangkau  dan kualitasnya bukan kaleng-kaleng. Selama masa pandemi COVID-19 ini, kami sebagai pekerja nonformal mengalami penurunan pendapatan. Sehingga sulit untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Untuk itu, dengan adanya paket dengan harga terjangkau ini sangat membantu bagi keluarga kami yang ada dirumah,” ujarnya.

Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah Barito Utara Rakhmat Muratni berharap kegiatan WarungMu yang diinisiasi oleh Lazismu Barito Utara dapat berjalan sebagaimana yang diimpikan. "Dan kedepannya diharapkan menjadi wadah distribusi hasil pertanian dan perkebunan Barito Utara, serta untuk warga Muhammadiyah sendiri juga kepada masyarakat luas," kata Rakhmat Muratni. (kalteng.antaranews.com)