Korban Virus Corona Meningkat, PCIM Taiwan Melalui LAZISMU dan MDMC Bagikan Masker Gratis

10/02/2020

Taiwan – LAZISMU. Virus corona terus merebak, berdasarkan data terakhir pada 9 Februari 2020, pukul 15 : 43, yang dirilis oleh John Hopkins Whiting of Engineering dalam sebuah web berbasis GIS nya, total  korban yang telah terinfeksi sebanyak 37.555 orang. Virus yang mulai terdeteksi pada 12 Desember 2019 tersebut juga terus menimbulkan korban jiwa, sebanyak 813 jiwa telah “direnggut” oleh virus ini.

Jumlah korban terus bertambah setiap harinya, seolah menjadi sebuah mimpi buruk bagi banyak kalangan. Namun sebagaimana langit yang gelap menyambut sinar sang surya di pagi hari, “Yang” seorang pasien pertama berhasil dinyatakan sembuh. Pria berusia 46 tahun itu, dinyatakan sembuh oleh tim dokter dan telah diperbolehkan untuk meninggalkan rumah sakit pada Jumat (24/1/2020).

Berdasarkan laporan dari World Health Organization (WHO) sebanyak 28 negara telah terjangkit virus corona, virus tersebut terlebih dahulu merebak ke negara-negara sekitar daratan Tiongkok seperti Hongkong, Macau, dan daratan Korea.

Taiwan, negara yang juga dijuluki naga kecil asia, sebagai negara yang tak cukup jauh dari daratan Tiongkok nampaknya tidak mau kecolongan dalam menghadapi wabah corona. Melalui berbagai media, cara mengantisipasi virus tersebut terus diviralkan, segala unsur bahu-membahu dalam pencegahannya.

Himbauan dari pemerintah Taiwan untuk selalu mengenakan masker berefek pada kelangkaan masker yang ada di negeri Formosa. Untuk menanganinya, pemerintah Taiwan membatasi jumlah penjualan masker pada setiap warganya sebanyak tiga masker per orang. Namun antrean dan kelangkaan masih tidak dapat terhindarkan.

Para warga yang sedang mengantri di salah satu apotek di Taiwan


Melihat kondisi tersebut, PCIM Taiwan turut dibantu oleh Lazismu PP Muhammadiyah dan MDMC mendatangkan ribuan masker dari Indonesia yang diangkut oleh para kader Muhammadiyah yang hendak kembali ke Taiwan secara sukarela.

Ribuan masker tersebut akan didistribusikan secara gratis bagi siapapun yang membutuhkan. Pendistribusian akan dimulai pada hari Ahad, 9 Februari 2020, ke setiap ranting dari PCIM Taiwan, rencananya pendistribusian masker akan dilakuan setiap pekannya demikian laman resmi PCIM Taiwan, suryaformosa.com, mengabarkan.

Sementara itu, laman resmi Suara Muhamamdiyah (10/2/2020), juga mengabarkan, bahwa sebagai upaya membantu pencegahan diri dari penyebaran virus baru Corona di Taiwan, Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Taiwan, pada Ahad kemarin membagikan ribuan masker kepada seluruh WNI di Taiwan secara serempak. Kegiatan ini didukung oleh seluruh kader dan simpatisan Muhammadiyah yang berasal dari kalangan pelajar dan pekerja migran Indonesia.

Dari keterangan PCIM Taiwan, semua bahu-membahu membagikan masker kepada WNI yang sedang libur kuliah dan bekerja. Menurut Ketua PCIM Taiwan, Andi Azhar, ada sekitar 4000 masker yang dibagikan dalam pembagian gelombang pertama ini dan kegiatan pembagian masker ini tidak hanya akan dilakukan sekali ini saja. Tapi akan terus berlanjut hingga bulan depan di bawah bendera One Muhammadiyah One Response (OMOR) yang merupakan nama resmi kegiatan kemanusiaan Muhammadiyah.

Diterangkan kembali dalam laman Suara Muhammadiyah, untuk pembagian masker gelombang kedua minggu depan, Tim Muhammadiyah Taiwan akan membagikan hingga 30- an ribu masker. Hingga hari ini, tim Muhammadiyah Taiwan sendiri sudah mendapat donasi dari MDMC dan Lazismu beberapa propinsi, lembaga-lembaga non pemerintah serta teman-teman di Indonesia berupa masker sebanyak hampir 25 ribu lembar yang rencananya akan dikirim mulai hari Senin ini,” tutur Andi. (lt)