Jalankan program Bakti Guru, Lazismu Tegal Salurkan Bantuan Rp 50 Juta

08/05/2020

Tegal – LAZISMU. Dalam rangka ketahanan Pangan, Lazismu Kabupaten Tegal menyalurkan bantuan sebesar Rp 50 juta untuk para Guru Muhammadiyah se Kabupaten Tegal. Hal ini untuk mendorong ekonomi para guru yang terdampak dari penyebaran wabah Covid-19.

Direktur Lazismu Kabupaten Tegal Aliq Qurbani mengatakan, dampak pandemi ini terus bergulir seiiring bertambahnya pasien positif yang ada di Indonesia. Selain kegiatan belajar mengajar masalah yang lain muncul yakni terkait pembiayaan sekolah.

Dia menjelaskan, untuk Sekolah/Madrasah swasta yang salah satu sumber pendanaannya dari Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) atau Iuran Infaq Siswa (IIS) beberapa dari mereka memperoleh kendala. Untuk itu diperlukan upaya yang sungguh-sungguh agar Sekolah/Madrasah dan Pondok Pesantren tetap hidup tatkala diterjang musibah.

“Karena itu perlu dijaga eksistensi Sekolah/Madarasah/Pondok Pesantren Muhammadiyah di Kabupaten Tegal akibat dampak Covid-19 dengan tetap memberikan layanan kegiatan belajar mengajar di masa Covid-19 kepada peserta didik,” ujarnya  di Kabupaten Tegal, Jumat (6/5/2020).

Dari masalah tersebut, Lazismu sebagai salah satu lembaga Zakat terbsesar di Indonesia perlu ambil andil dalam keberlangsungan hidup para guru. Salah satu caranya dengan memberikan bantuan sebsar Rp 50 juta. Bantuan senilai 50 Juta diterima oleh Majelis Dikdasmen PDM Kabupaten Tegal, diterima oleh Drs H. Fachrurodji selaku ketua majelis dikdasmen PDM Kabupaten Tegal didampingi oleh Basuni selaku ketua MCCC Kabupaten Tegal.

Bantuan tersebut diserahkan secara langsung oleh badan pengurus lazismu kabupaten Tegal oleh H Swarno dan drh Abdi Manaf. pada 6 Mei 2020 kepada Drs H. Fachrurodji selaku Ketua dikdasmen PDM Kab Tegal.

“Tidak lancarnya SPP bagi Sekolah/Madrasah swasta tentu akan berdampak terhadap hak guru dan tenaga kependidikan di Sekolah/Madrasah/Pondok Pesantren Muhammadiyah,” tutupnya.(ars)