Hasil Donasi Konsumen Alfamidi, Disalurkan Lazismu dalam Bentuk Layanan Kesehatan Gratis di Ambon

16/12/2019

Maluku – LAZISMU. Rangkaian kegiatan sosial Alfamidi-Lazismu yang berlangsung di Ambon tidak hanya menyalurkan paket School Kit kepada santri dan siswa-siswi. Pada Ahad, 15 Desember 2019, layanan pemeriksaan kesehatan gratis juga digelar di gerai Alfamidi yang berlokasi di jalan Siwabesy, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon.

Layanan kesehatan di kecamatan ini memberikan kesempatan kepada warga untuk bisa melakukan pengecekan gula darah, kadar kolesterol dan asam urat. Kerjasama ini melibatkan tim Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Indonesia Kota Ambon. Total penerima manfaat dari layanan kesehatan tersebut ada sebanyak 59 orang.

Dokter Wiwin Malawat yang langsung memimpin kegiatan pemeriksaan kesehatan, mengatakan, dari sekian orang yang diperiksa, 60 persen lebih diketahui mengalami masalah dengan tingginya kadar kolesterol di atas angka normal.

“Mungkin dari pola makan faktornya, apalagi di Ambon banyak masakan yang bersantan. Cukup berbahaya karena kalau kolesterol tinggi berarti darahnya kurang lancar dan mengental, bisa berdampak pada penyakit lain seperti darah tinggi,” katanya.

Pemeriksaan kesehatan gratis mendapat sambutan positif dari warga sekitar, sebagian besar mengaku kaget dengan hasil yang diperoleh.




 
Ibu Dece (47) asal Wainitu misalnya, mengaku, selama ini tidak menjaga pola makannya. "Baru kali ini saya periksa dan hasilnya ternyata sangat tinggi. Saya harus menjaga pola makan agar kolesterol bisa terjaga di kadar yang normal, karena kata dokter terlalu berbahaya kalau kadarnya tinggi,” paparnya.

Cerita lain dikatakan Ibu Lorotea (67), kadar kolesterol yang sudah diketahui setelah diperiksa dokter menjadi informasi berharga. “Jika ada pemeriksaan begini kan kita bisa mencegah lebih dini agar tidak semakin parah,” terangnya.

Layanan kesehatan gratis ini merupakan program kerjasama Alfamidi dan Lazismu yang berasal dari donasi konsumen Alfamidi. Adapun penyalurannya kali ini di Maluku, agar para penerima manfaat dari program ini berdampak luas bagi masyarakat.

Kali ini dalam layanan kesehatan, Lazismu melibatkan kawan-kawan dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) yang ada di kota Ambon untuk bersama-sama berbagi bersama membantu mereka yang membutuhkan. (yh)