Hadirkan Rumah Pangan Kampung Siaga, Lazismu Pekanbaru Bagikan Sembako untuk Warga Terdampak

02/05/2020

Pekanbaru - LAZISMU. Wakil Walikota Pekanbaru, H. Ayat Cahyadi, S.Si hadir dalam aktivasi program Rumah Pangan Kampung Siaga Covid-19 yang dilaksanakan di Home's Griyo Puspito, Jalan Naga Sakti, RT 001/RW 008, Kelurahan Binawidya Kecamatan Tampan, Pekanbaru, Jumat (1/5/2020).

Dalam agenda yang bekerjasama dengan LAZISMU dan Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC), tema yang diusung adalah Meningkatkan kewaspadaan penyebaran Virus Corona, serta bersama-sama kita lawan dan saling tolong menolong antar sesama.   

Dalam kesempatan itu, Walikota Pekanbaru menyampaikan beberapa pesan agar warga diminta mengenakan masker jika berada di keramaian, serta menjaga jarak antar satu dengan lainnya. "Karena virus ini menular dari manusia ke manusia, tentunya warga diminta untuk menjaga jarak satu meter," ujarnya.

Tidak hanya itu, Ayat juga meminta membiasakan mencuci tangan di tempat yang telah disediakan. 

Dari protokol yang ada, bagi warga setiap akan masuk pintu pelayanan publik, suhu badan warga diukur dengan thermogun. Jika sudah di angka 38 derajat celcius, itu sudah gejala klinis, untuk segera periksakan, walaupun tak selalu virus corona. Ayat juga menyampaikan untuk selalu menjaga kesehatan, tetap tenang dan jangan panik. 

Dalam agenda tersebut hadir beberapa undangan yang berasal dari Ketua  Forum RT RW  Kelurahan Binawidya, Ketua LPM Kelurahan Binawidya, Ketua RW 08 Binawidya, Ketua RT 02, 04, Ketua Karang Taruna, Ketua PKK RW 08 Binawidya, Kader Posyandu Flamboyan, serta Babinsa Kelurahan Binawidya. Selain itu juga dari Muhammadiyah Kota Pekanbaru. Di samping ada Lazismu dan MCCC Kota Pekanbaru, turut hadir Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Pekanbaru. 

Ketua RT 001/RW 008 Binawidya, dalam diskusi bersama Wakil Walikota Pekanbaru dan para undangan mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan IDI Riau dalam menciptakan kampung Siaga Covid-19 ditempatnya, selain itu juga Nasir menyampaikan telah melakukan kordinasi dengan Kamtibmas.  

"Kita telah membuat beberapa Standar Operasional Prosedur terhadap beberapa kegiatan di Griyo Puspito, di antaranya standar untuk para pendatang, standar tarawih dan standar PHBS terhadap warga dengan cara menyosialisasikan minuman dan kegiatan yang bisa meningkatkan imun tubuh", ujarnya.

Sementara itu, Ketua PDM Kota Pekanbaru, Drs. Syafrizal Syukur, turut menyampaikan beberapa arahan dan imbauan kepada masyarakat tentang menjaga kebersihan.  Seraya berdoa agar dijauhkan dari segala bahaya dan wabah ini segera berakhir.  "Di bulan yang penuh berkah ini kita memperbanyak doa serta melakukan kegiatan untuk menjaga kebersihan diri dimulai dari lingkungan terkecil seperti RT dan keluarga", ujarnya. 

Agenda ini juga diisi dengan pembagian sembako terhadap warga yang membutuhkan, dengan tetap mematuhi protokol dan PSBB yang telah dikeluarkan pemerintah. Ia berharap wabah ini segera berakhir dan warga dapat bekerja kembali mencari penghasilan," ungkapnya. (na)