Di Pasar Ini Ibu Sulama Penjual Kopi Menerima Bantuan Pemberdayaan Ekonomi

19/01/2020

Tolitoli – LAZISMU. Sore hari Tim Lazismu Tolitoli mengunjungi Pasar Susumbolan (17/1/2020), pasar ini terletak di tepi pantai dan merupakan pasar terbesar di Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah. Tujuan Lazismu datang di pasar itu, mendata para pedagang yang akan mendapat bantuan modal usaha dari program Lazismu dan Alfamart.

Salah satu pedagang yang kami temui, Ibu Sulama (66), yang setiap hari berjualan kue tradisonal dan kopi untuk para pengunjung dan pedagang di pasar. Usianya tidak muda lagi, Ibu Sulama tetap berjualan karena masih harus menghidupi keempat anaknya. Setiap hari dengan berdagang di pasar penghasilannya sekitar Rp 200 ribu. Tentu masih jauh dengan kebutuhan sehari-hari Ibu Sulama dan keluarganya.

Ibu Sulama mengatakan tinggal bersama suaminya yang bekerja sebagai buruh tani di Desa Dadakitan. Perlu waktu tempuh satu jam dari pasar tempat Ibu Sulama berjualan, meski tergolong keluarga tidak mampu Ibu Sulama bukan termasuk keluarga penerima bantuan program keluarga harapan (PKH) dari permerintah.

Karena faktor usia, bila Ibu Sulama merasa letih harus pulang ke rumah dan juga kondisi keuangan terbatas Ibu Sulama memutuskan bermalam di Pasar memanfaatkan lapak pedagang di pasar untuk istirahat dan kemudian berjualan kembali esoknya.

Ibu Sulama berharap bisa mendapat bantuan modal usaha untuk membeli perlengkapan dapur seperti kompor gas untuk membantu usaha jualannya dan juga meja untuk lapak jualannya agar lebih baik untuk berjualan sehingga dapat meningkatkan penghasilannya.

Fadel Muhammad selaku Sekretaris Lazismu Tolitoli, mengonfirmasi kepada pedagang sekitar dan petugas pasar bahwa informasi yang diterima dari Ibu Sulama memang benar adanya dan mereka berharap ada pihak yang tergerak membantu Ibu Sulama. (na)