Bersama MCCC, Lazismu Banyumas Salurkan Bantuan APD dan Sembako untuk Guru

08/06/2020

Banyumas – LAZISMU. Ikhtiar penanganan dan pencegahan Covid-19, serta persiapan akan difungsikannya kembali masjid-masjid sebagai sarana ibadah, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Banyumas dan Lazismu Banyumas yang bersinergi dengan Muhammadiyah Command Center Covid-19 (MCCC) menyalurkan 10 Termometer dan alat pelindung diri (APD) di sepuluh masjid pada Ahad, 7 Juni 2020. 

Pembagian tahap awal ini akan dilanjutkan pada kesempatan berikutnya, demikian disampaikan Sabar Waluyo selaku Direktur Lazismu Banyumas. Masjid-masjid yang mendapat bantuan berada Banyumas bagian Barat, meliputi Karang Lewas Kidul, Tipar Kidul, Gumelar, Lumbir, Klapa Gading dan Karang Tawang Wangon, Jati Lawang, Purwojati, Jatisaba dan Sidabowa.   

Sabar mengatakan, berdasarkan informasi, pemerintah kabupaten Banyumas sudah mulai mengizinkan masjid digunakan kembali untuk salat berjamaah. “Tetapi tetap memerhatikan protokol kesehatan, sehingga Lazismu Banyumas membagikan bantuan alat-alat tersebut,” pungkasnya. 

Bersama MCCC, bantuan diserahkan dengan cara berkeliling ke setiap masjid dari pagi hingga malam untuk membagikan sambal memberikan informasi panduan beribadah sebagai bentuk edukasi kepada warga. 




 

Sabar juga mengabarkan, pada 6 Juni 2020, PDM melalui Lazismu Banyumas, dan MCCC Banyumas mendistribusikan bantuan berupa sembako untuk ketahanan pangan masyarakat terdampak pandemi Covid-19 di Dusun Gununganyar, Desa Krajan, Kecamatan Pekuncen. 

Tak hanya itu, bantuan juga diberikan kepada guru-guru sekolah Muhammadiyah yang berada di Dusun Gununganyar dalam bentuk uang tunai dalam rangka kepedulian terhadap guru agar tetap produktif mengajar meskipun terjadi pandemi. 

Ketua PDM Banyumas, Ibnu Hasan, mengungkapkan PDM Banyumas akan terus berusaha dan berikhtiar untuk membantu masyarakat dalam menghadapi dampak dari pandemi Covid-19. “Insya Allah, akan terus berikhtiar membantu masyarakat dalam menghadapi pandemi ini,” pungkasnya. 

Warga Gununganyar dengan tertib sesuai arahan protokol kesehatan yang juga didukung keamananya oleh KOKAM dari pimpinan ranting Krajan, penerima manfaat telah memperolehnya untuk meringankan beban hidup sebagai amanah dari para donatur. (hb)