Bantu Mahasiswa-Mahasiswi Al-Azhar, Lazismu dan PCIM Mesir Atasi Kesulitan Shunduq Masisir Di Tengah Pandemi

22/07/2020

Kairo – LAZISMU. Informasi mahasiswa dan mahasiswi yang berjuang menuntut ilmu di negeri Piramida perlu mendapat perhatian. Terlebih wabah Covid-19 yang melanda negara-negara dunia, termasuk Mesir di mana para mahasiswa-mahasiswi yang berkuliah di Universitas Al-Azhar Kairo berdasarkan informasi dari Lazismu Mesir, ada salah satu mahasiswi Indonesia di sana yang mengalami sakit infeksi saluran pernafasan.

Disampaikan oleh Aminullah Furqon selaku Ketua Lazismu Mesir, salah seorang mahasiswi tersebut mengalami gangguan pernafasan sejak Maret 2020 dan akan kembali ke tanah air untuk melanjutkan pengobatan. .

Alhamdulillah bersamaan dengan informasi itu, Lazismu Mesir telah menyalurkan bantuan sejumlah 700 LE kepada Saudari Hilmi Masruroh pada Rabu, 15 Juli 2020. Bantuan tersebut diterima oleh Taufiq mewakili dari Tebu Ireng Center. “Harapannya dapat membantu mengurangi beban saudari Hilmi Masruroh dalam pengobatan, penyerahan dilakukan di Markaz Dakwah Muhammadiyah Mesir,” katanya.

Hilmi merupakan salah satu anggota perhimpunan mahasiswa Al-Azhar asal Tebuireng yang sedang mengalami sakit infeksi saluran pernafasan. Hilmi menderita sakit sejak Maret, dan insyaallah akan pulang ke Indonesia untuk menjalani pengobatan lebih lanjut. Kisaran biaya yang diperlukan, kata Furqon sekitar 20.000 LE.

Pada 17 Juli 2020, tepatnya hari Jum'at, Lazismu Mesir langsung berkomunikasi dengan perwakilan dari saudari Hilmi dan menyalurkan bantuan berjumlah 700 LE. Sudah kali yang kedua kami mendapatkan bantuan dari Lazismu Mesir terkait warga kami yang sedang sakit, kata Taufiq mewakili saudari Hilmi, semoga bantuan dari donatur Lazismu mesir menjadi berkah.

Dalam penyerahan donasi dihadiri oleh Ketua Lazismu Mesir Aminullah Furqon, dan Ketua PCIM Mesir, saudara Umair Fahmiddin, demikian disampaikan salah seorang amil Lazismu Mesir yang juga mahasiswa Indonesia yang berkuliah di Universitas Al-Azhar Kairo (21/7/2020).

Di samping itu, Lazismu Mesir juga terus salurkan bantuan di tengah penyebaran Covid-19. Diketahui bahwa menyebarnya virus ini masih berlanjut hingga saat ini memberi dampak yang cukup besar dalam bidang ekonomi terhadap mahasiswa Indonesia di Mesir.

Puji syukur Lazismu Mesir telah menyalurkan bantuan sebesar 1.200 LE, pada Jum'at, 17 Juli 2020, di Markaz Dakwah Muhammadiyah Mesir kepada saudara Rifqi selaku Wapres PPMI, dan penyerahan bantuan tersebut juga disaksikan oleh Ketua Umum PCIM Mesir Umair Fahmiddin. Bantuan ini diharapkan dapat membantu mahasiswa Indonesia dalam penanggulangan covid 19.

Wakil Presiden Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) mengapresiasi gerakan berbagi yang dilakukan Lazismu Mesir atas kontribusinya dalam aksi sosial untuk mahasiswa Indonesia yang kuliah di Al-Azhar.

Beliau juga mengajak instansi masisir yang bergerak di bidang filantropi untuk terus bersinergi satu dengan lainnya untuk berkhidmat kepada masisir. Dalam kesempatan itu, Ketua Lazismu Mesir dan Ketua Muhammadiyah Mesir menekankan bahwa Lazismu bergerak dari masisir untuk masisir. Dengan adanya program Shunduq Masisir, yakni kotak infak mahasiswa Indonesia di Mesir, Ketua Lazismu Mesir optimis kegiatan penghimpunan melalui shunduq masisir akan teratasi. (na)