Adang Covid-19, Pemuda Muhammadiyah Jakarta dan Lazismu Bersihkan Ratusan Rumah Ibadah

27/03/2020

Jakarta –  LAZISMU. Mengikuti perkembangan situasi penyebaran Virus Corona yang kian mengkhawatirkan, terlebih jumlah korban yang meninggal dan terduga positif terus bertambah. Tercatat pada, 27 Maret 2020 Kasus terkonfirmasi positif berjumlah 1.046 dan meninggal 87 jiwa. (Sumber: corona.jakarta.go.id)

Melihat kondisi tersebut Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah DKI Jakarta membangun kesadaran dengan melakukan swadaya dan kolaborasi dengan steakholder melalui Gerakan Bantu Rumah Ibadah Lawan Covid-19. Gerakan ini lahir dari kesadaran yang tinggi untuk bahu membahu dan berkontribusi bagi bangsa dan negara dalam upaya penanggulangan penyebaran Covid-19.

Bayu Herdana, Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah DKI Jakarta dalam keteranganya (28/3/2020), mengatakan, gerakan bantu rumah ibadah lawan Covid-19 ini sudah berjalan sejak 20 Maret dan akan berakhir sampai 29 Maret 2020.

“Kami dalam hal ini Pemuda Muhammadiyah DKI Jakarta mencoba berkolaborasi bersama Lazismu PP Muhammadiyah, Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) DKI Jakarta dan PD PAM Jaya,” kata Bayu.




 
Adapun alat yang dibagikan dalam bentuk pencegahan Covid-19 adalah Alat Perlindungan Diri (ADP), Alat Sprey Disinfektan, Cairan Disinfektan, Hand Sanitizer, dan Alat-alat Kebersihan. Dan dengan mendistribusikan sebanyak 100 liter Hand Sanitizer, 1000 Masker, 100 Set Alat Kebersihan, 100 Botol  Cairan Disinfektan, 25 Alat Sprey Disinfektan.

Target Rumah Ibadah yang akan bersihkan Pemuda Muhammadiyah DKI Jakarta sebanyak 100 Rumah Ibadah antara lain Jaringan Masjid Muhammadiyah se-DKI Jakarta yaitu Masjid Al Huda Muhammadiyah Tebet Timur, Masjid Al-Muhajiirn Tebet Barat dan beberapa Gereja seperti Gereja HKBP, Gereja Bukit Moria.

“Dengan Ikhtiar ini kami berharap dapat berkontribusi kepada bangsa dan negara mencegah risiko penyebaran Covid-19. Apalagi kita tahu Covid-19 sudah menjadi wabah yang membutuhkan pencegahan penularan yang mengaruskan semua pihak berkolaborasi secara maksimal,” kata Bayu.

Pemuda Muhammadiyah DKI Jakarta juga berharap gerakan ini mampu mengajak organisasi kepemudaan untuk dapat serta turun tangan bersama-sama menanggulangi penyebaran Covid-19. Dalam hal ini Pemuda Muhammadiyah DKI Jakarta terbuka bagi siapapun untuk membantu berkontribusi. (Andi)