Bagi Takjil Untuk Nakes di Tiga Rumah Sakit di Jogja, LazisMu Gandeng UMKM

20/05/2020

Yogyakarta, LazisMu -  Lazismu Pusat Yogyakarta membagikan 4000 paket takjil untuk tenaga medis di 3 rumah sakit di Yogyakarta. Program takjil ini di salurkan ke RS PKU Muhammadiyah Bantul, PKU Muhammadiyah Gamping, dan PKU Muhammadiyah Kota Yogyakarta. 

Ardi Ardi Luthfi Kautsar selaku amil yang mengkoordinatori Program Takjil untuk Wilayah Yogyakarta mengungkapkan, program ini bertujuan untuk membantu dan mempermudah tenaga medis dalam mendapatkan takjil untuk berbuka puasa.

“Program penyediaan takjil ini kami peruntukan bagi tenaga medis yang sedang bertugas," kata dia mengenai program yang  telah berjalan sejak pertengahan ramadhan dan akan berakhir di penghujung ramadhan, Rabu (20/5/2020).

"Harapan kami dengan adanya program ini tenaga medis akan mudah dalam mendapatkan makanan takjilnya, karena kami melihat ketika tenaga medis terutama yang sedang berjaga di area-area sensitif dengan APD lengkap akan kesulitan kalau harus mencari makanannya keluar rumah sakit," sambung Ardi.

Pembagian takjil dilakukan setiap hari selama bulan ramadhan, di 3 rumah sakit Muhammadiyah dengan jumlah masing masing 100 paket perhari. Ardi melanjutkan, paket takjil yang disediakan LazisMu adalah paket nasi komplit serta buah-buahan sebagai penunjang ketahanan tubuh bagi tenaga medis.

Dalam penyediaan takjil, LazisMu menggandeng UMKM sekitar rumah sakit sebagai penyedia paket takjil tersebut. Hal ini dimaksudkan agar tidak hanya tenaga medis yang mendapatkan manfaat, tetapi juga masyarakat sekitar atau pedagang yang terdampak Covid-19 bisa merasakan manfaat dari program ini. 

Wakyu selaku perwakilan dari salah satu rumah sakit menyampaikan apresiasi dan berterimakasih kepada LazisMu dan khususnya kepada donatur yang telah memberi bantuan donasi yang diprogramkan dalam bentuk takjil untuk tenaga medis di rumah sakit.  

"Kami atas nama Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bantul mengucapkan terimakasih atas program takjil Ramadhan dari lazismu yang sudah kami terima untuk 14 hari ini, insyaaalah setiap harinya akan kami distribusikan untuk 100 orang tenaga medis,” jelasnya.

Apresiasi juga disampaikan oleh Saeful Anwar selaku UMKM penyedia makanan takjil untuk program takjil Ramadhan lazismu ini. Bahkan beliau sangat bersyukur atas dipilih cateringnya untuk menyediakan takjil, meningat usahanya. 

Wabah virus corona yang melanda hampir seluruh belahan dunia, tak terkecuali di Indonesia khususnya Yogyakarta. Kota dengan pesona pariwisata seolah lemah tak berdaya melawan hantaman wabah corona. Bahkan, hampir seluruh sektor pariwisata mati suri. 

Dampak corona juga sangat dirasakan oleh Saeful Anwar Pria dengan tiga orang anak yang kesehariannya bekerja sebagai penyedia jasa catering untuk rombongan wisata yang biasa datang dari berbagai kota mulai kesulitan mencari pasarnya.

“Alhamdulillah saya mengucap syukur, dengan adanya program dari LazisMu sangat membantu sekali perekonomian saya di rumah. Bukan hanya untuk saya tetapi untuk tetangga-tetangga saya juga, karena seperti biasa jika ada pesanan besar selalu melibatkan tetangga," pungkas Saeful.