info[at]lazismu.org 2777 B 132  08561626222

Alquran Sebagai Obat

MENURUT prediksi para futurolog, selain kemajuan teknologi informasi yang luar biasa, abad 21 juga ditandai oleh kebangkitan spiritualisme.
Kehidupan yang serba materi, ternyata tidak mampu membawa manusia meraih kebahagiaan hakiki. Berbagai penelitian menunjukkan betapa manusia modern mulai mendamba kedamaian spiritual. Film Eat, Pray and  Love yang akan diputar di beberapa negara menunjukkan betapa materi tidak mampu memberi solusi kegersangan hati. Dalam kegalauan dan kegelisahan, manusia tidak bisa membeli kebahagiaan dari narkoba, dugem dan kamuflase dunia hiburan lainnya.
Para ahli kesehatan juga mulai menyempurnakan definisi sehat. World Health Organization (WHO) mendefinisikan sehat tidak sekedar kesehatan fisik, tetapi juga sosial dan spiritual. Paradoks dengan usaha para ahli medis mengembangkan kedokteran modern, manusia juga semakin kepincut dengan pengobatan alternatif.
Berbagai pengobatan tradisional mulai dari herbal-tradisional yang rasional sampai takhayul yang irasional laku terjual di masyarakat. Bayangkanlah bagaimana seorang bocah ingusan bernama Ponari yang mendadak terkenal karena celupan tangan saktinya. Masjid, mushalla dan kantor-kantor penuh sesak oleh jamaah yang ingin berobat ala Nabi: bekam dan ruqyah.
Can faith heal? Dapatkah iman menyembuhkan? Demikianlah pertanyaan di sampul majalah Newsweek tahun lalu. Jawabannya: Yes, it can. Investigasi yang dilakukan majalah tersebut menunjukkan bahwa iman adalah faktor penting dalam kesehatan. Pasien yang teguh beriman kepada Tuhan, memiliki ketabahan yang lebih tinggi terhadap penyakit dan harapan yang lebih kuat untuk sembuh.


Apakah ada hubungan antara membaca Alquran dengan ketenangan jiwa? Certainly. So pasti. Wahai manusia, telah Aku berikan kepadamu (Alquran); nasihat dari Tuhanmu, obat bagi (penyakit) hati, petunjuk dan rahmat bagi manusia yang beriman. (Qs. 10, Yunus: 57).

Kesehatan jiwa adalah pangkal dari kesehatan raga. Di dalam rohani yang sehat terdapat jasmani yang kuat. Jika pembaca ingin membuktikannya silakan perbanyak membaca Alquran, resapi maknanya dan amalkan ajarannya. Selamat mencoba. Semoga sehat lahir dan batin.

Penulis adalah Sekretaris PP Muhammadiyah

{Tulisan ini pernah dimuat dalam MATAHATI RAMADHAN | Kerjasama antara LAZISMU dan Rakyat Merdeka Online.}

Join bet365 Poker nad play.

login